Jumat, Oktober 30, 2009

ABOUT TANDAVA NRTYA

TANDAVA NRTYA

PUSAT PENCERAHAN DIRI MELALUI PESTA PENCERAHAN MURNI UNTUK MERAYAKAN
KEMERDEKAAN DIRI MURNI

Berdirinya Pusat Pencerahan Murni Tandava Nrtya berangkat dari kerisauan spiritual seorang Grand Master Destroyer Welldo Wnophringgo menyaksikan dan mendengar berbagai macam permasalahan dan keluhan yang muncul baik ditingkat individu yang sangat personal sampai dialur sosial kolektif.

Keberadaan dan peranan agama-agama yang diharapkan mampu merampungkan permasalahan yang muncul dan bisa menjembatani kesenjangan sosial di berbagai jenjang lapisan masyarakat, nampaknya kewalahan dengan semakin merenggangnya kesenjangan keharmonisan baik intern, ekstern maupun intra umat beragama maupun penganut aliran kepercayaan.

Wacana, penerangan maupun penjelasan yang lahir kemudian hanyalah bersifat pembelaan terhadap kebenaran dan kesucian ajaran oleh masing-masing penganutnya tanpa memberikan solusi tuntas terhadap disharmoni dan ketidakseimbangan yang terjadi di dalam kehidupan manusia yang ada disekitarnya.

Apa yang dilakukan oleh para pembela agama hanya melakukan penyanjungan terhadap ajaran yang memang sudah mulya dan suci, namun sama sekali keagungan agama tak menyentuh terlalu dalam kejiwa pemeluknya sehingga nampak kesenjangan yang mencolok antara prilaku dan ucapan kebenaran yang disampaikan, malahan jauh dari tuntunan kebenaran esensi murni ajaran agama, sehingga hanya memberikan permasalahan-permasalahan baru yang lebih rumit dan tak pernah tuntas. Perbedaan keyakinan, agama, faham dan pandangan menjadi penyulut terjadinya disharmoni sosial dan kegalauan personal.

Tandava Nrtya sebagai Pusat Pencerahan Murni kehadirannya diharapkan mampu memberikan sumbangsihnya untuk ikut melakukan penjernihan terhadap masalah yang muncul sehingga mampu melihat dengan jernih dan obyektif akar dan sumber asal semua permasalahan dan kericuhan yang muncul dan mencoba untuk menjawab setiap persoalan-persoalan yang tidak mampu dijawab oleh Ilmu Pengetahuan, Filsafat dan Agama.

Tandava Nrtya berdiri tidak berdasarkan agama apapun dan bukan pusat pengembangan agama tertentu dan juga bukan sebuah aliran kepercayaan. Tandava Nrtya tidak berkepentingan terhadap salah satu agama atau semua agama, namun lebih banyak fokus kepada kepentingan-kepentingan manusia secara utuh dengan seluruh keinginan dan persoalan yang muncul di dalam perjalanan hidupnya mencapai kebahagiannya.
Tandava Nrtya tidak ingin mengambil alih peranan dan tugas agama di dalam teknis dan aturannya yang berupaya mengajarkan pentinganya memiliki sebuah “Keyakinan” oleh setiap individu umat manusia. Bukan tugas dan kewajiban Tandava Nrtya dan para Pelakon untuk membangun pentingnya sebuah “ Keyakinan” pada setiap umat apalagi mengubahnya. Tandava Nrtya hanya memberikan kemudahan dan kejernihan bagi setiap individu sehingga dapat melakukan koreksi dan pembenahan diri terhadap bangunan keyakinannya masing-masing.

Tandava Nrtya sama sekali tidak meragukan kebenaran dan kesucian semua agama ansich yang sudah tertulis selama berpuluh tahun dan bahkan berabad-abad di dalam Kitab Sucinya masing-masing. Tandava Nrtya hanya membantu memberikan perangkat lunak untuk dapat melihat kembali setiap hasil langkah pendekatan manusia terhadap Tuhan atau agama yang berupa Keyakinan maupun hasil pendekatan manusia terhadap alam maupun dirinya yang berupa Ilmu Pengetahuan dan Filsafat.

Tandava Nrtya sangat peduli terhadap kwalitas setiap keyakinan yang ada di dalam setiap individu personal maupun sosial kolektif, karena keyakinan adalah akar yang tumbuh di dalam pikiran manusia yang batangnya memasuki ruang hati manusia yang selanjutnya melahirkan sikap dan gaya hidup tertentu dan pada akhirnya akan mewujudkan tingkah laku dan perbuatan nyata yang bersentuhan secara sosial dengan kepentingan dan kemerdekaan hidup yang lainnya.

Perlu disadarai dan dicermati bahwa seluruh persoalan dan permasalahan yang muncul di dalam kehidupan individual maupun sosial, dimulai dari Krisis Identitas dan Keyakinan diri sampai kepada tindak kekerasan karena faktor tajamnya perbedaan kepentingan dan pandangan masing-masing pihak yang mana persoalannya tak pernah selesai secara tuntas, semuanya berakar dari keyakinan yang tertanam di dalam jiwa-jiwa yang sedang mencari arah.

Tandava Nrtya hanya mencoba untuk membantu setiap individu untuk menemukan sendiri jawabannya terhadap permasalahan-permasalahan yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan, filsafat atau agama apapun. Tandava Nrtya hanya membantu setiap individu yang membutuhkannya untuk mencapai Kejernihan Dirinya sebagaimana apa adanya sehingga mampu melihat seluruh persoalan di dalam kehidupan dengan mata dan hati yang jernih tanpa kepentingan apapun..

Sekali lagi dan lagi, Tandava Nrtya bukanlah Pusat Pengajaran apapun apalagi ajaran agama. Tandava Nrtya bukanlah sebuah ajaran melainkan sebuah laku dan gaya hidup yang sehat dan merdeka secara holistik. Sekalipun Tandava melakukan pengupasan terhadap ajaran atau istilah-istilah popular dari salah satu agama bukan dalam rangka untuk mengajarkan agama lebih dalam, namun lebih ditekankan pengupasan agama atau istilah itu untuk mendorong setiap individu untuk lebih memahami keberadaan Dirinya di atas Jagad Semesta Raya ini.

Demikian pula memang sengaja Tandava Nrtya menggunakan istilah-istilah agama karena melihat ada pengertian yang lebih mendalam dan tepat dari pada pengertian-pengertian yang sedang marak berkembang di dalam masyarakat, sehingga perlu diperhatikan ada perbedaan pengertian secara terminologis istilah-istilah yang dipakai Tandava Nrtya dengan pengertian pengertian yang lain. Jadi jangan membuat perbandingan dengan terminologi lainnya, jika tidak akan menjadi bingung karenanya.

Jika Tandava Nrtya mengambil istilah-istilah dari ajaran Hindu, Buddha, Kristen atau Islam bukan berarti ingin membuat perbandingan atau sinkretisasi, melainkan ingin memperlihatkan gambaran dan menarik perhatian anda pada suatu kenyataan bahwa pada hakikatnya Kebenaran bisa muncul dipelbagai macam dan bentuk ajaran agama dengan cara yang berbeda.

Jika Tandava Nrtya mengutif kata-kata dari agama tertentu atau ajaran-ajaran lainnya bermaksud memberikan makna yang lebih dalam, dengan demikian dapat memberikan arus perubahan terutama untuk mereka para penganut ajaran agama yang ada.

Tandava Nrtya menganjurkan kepada anda sekalian, tidaklah perlu mencari ke tempat lainnya untuk memperoleh Kebenaran. Tandava Nrtya akan memperlihatkan kepada anda bagaimana memasuki lebih dalam lagi ke dalam ajaran agama yang sudah anda miliki.

Tandava Nrtya melalui teknik laku dan methodologinya dapat dipandang sebagai sebuah uraian dan jalan dengan cara yang pintas dan unik. Cara yang baru sekaligus lama, cara yang seksama dan istimewa dengan keunggulan dan kelebihannya dengan yang lainnya di zaman ini tentang Kebenaran Hakiki, yaitu sebuah Hakikat yang ditunjuk dan menjadi arah oleh semua agama dan ajaran leluhur, yang tidak muncul dan ada dari Sumber external di luar, namun dari Satu Sumber Internal yang terang tanpa diterangi yang sudah ada di dalam dirimu sendiri (inner source).

Jadi Wejangan Murni Pencerahan Tandava Nrtya tidak berisi uraian-uraian yang spekulatif sebagaimana teori-teori ilmiah dan filsafat ( yang hanya merupakan hasil pendekatan human secara rasional terhadap Kenyataan yang diletakkan hanya sebagai obyek yang terpisah dari Subyek pengamat).

Tandava Nrtya mengantarkan setiap individu untuk mendekati Kenyataan di dalam pengalaman murni apa adanya. Pendalaman secara Supra Subyektif Meta Ilmiah adalah pendekatan Tandava Nrtya yang berbeda kwalitas kebenarannya dengan hasil pengamatan dan pendekatan rasional yang obyektif ilmiah maupun yang subyektif partial individual. Pendalaman Supra Subyektif Meta Ilmiah adalah sebuah pendekatan dimana tidak ada keterpisahan antara Subyek dengan Obyek bahkan tidak ada dualitas subyek-obyek.

Tandava Nrtya adalah sebuah Laku Pencerahan dan Pencerahan Laku, atau lebih tepatnya sebuah Gaya Hidup (Style of Life) yang Sehat, Bahagia dan Merdeka secara total holistik. Merupakan Teknologi dan Methodelogi Pencerahan Murni yang menakjubkan untuk menciptakan Keselarasan dan Penyempurnaan Diri di seluruh Sistem Kehidupan, Organikal, Khemikal, Phisikal, Mental, Intelektual, Emosional dan ditingkat Spiritual yang dapat mengembangkan kemampuan dan kecerdasan dasar seseorang sehingga dapat melakukan pengendalian diri terhadap potensi-potensi kreatif Rahmani dan energi-energi produktif Rahimi :baik yang ada di dalam diri individu yang mikrokosmik maupun yang terbentang di alam semesta secara makrokosmik, secara Skala dan Niskala, sehingga tercapai keselarasan kosmik dengan dirinya sendiri secara individual atau dengan lingkungan masyarakatnya secara sosial maupun dengan lingkungan alamnya secara natural.

Laku Pencerahan Murni Tandava Nrtya mengingatkan kita bahwa Kesehatan, Kebahagiaan dan Kemerdekaan adalah sebuah pilihan yang lebih disukai oleh sistem tubuh, jiwa dan Ruh. Laku Pencerahan Murni adalah suatu gerak kosmik esoterik yang paling dalam yang merupakan luapan ekspresi Cinta-Diri Murni yang mengejawantah dalam bentuk ragam gerakan yang indah Tarian Kosmik Esoterik yang mempesona dan elastik penuh kharisma Ruhany adalah manifestasi kehadiran Ruh Murni atau Atma Sejati di dalam keselarasan Raga-Jiwa-Ruh Diri individu dengan Ruh Diri Universal Supreme Being.

Melalui Tarian Murni ini sehingga tercapai Keselarasan Kosmik, menyatunya Tarian dengan Sang Penari yang Agung menghasilkan getaran energi kosmik yang penuh dengan kenikmatan Bathin dan kelezatan Ragawi.

Tandava Nrtya adalah “ Kunci Rahasia “ sekaligus “ Jalan Pintas “ untuk sebuah Kebangkitan Ruh ( Awakening dan Awareness) untuk menempati posisi dan kondisi Fitrah, sebuah Kesadaran Murni Diri yang Merdeka.

Oleh karena demikian sudah jelas dan pasti niat baik maksud dan tujuan mulia tidak akan mudah dan mengalami kemajuan yang pesat tanpa adanya dukungan oleh pihak-pihak lain yang terkait, yang merasa terlibat dan bertanggungjawab atas kedamaian, kenyamanan, kemerdekaan di dalam kehidupan bersama secara sosial politik dan ekonomi.

Dukungan Moral dan Spiritual maupun phisik material dari berbagai pihak dan instansi maupun lembaga baik formal maupun non formal sangat diharapkan demi terlaksana dan terwujudnya cita-cita mulya dan luhur demi kebaikan, kedamaian, kebahagiaan dan kebebasan individu umat manusia.

Belajar Spiritual dari Kami silahkan baca Artikel2 yang ada di kolom blogroll

ACARA LAKU MEDITASI TANDAVA NRTYA


I. KAMIS MALAM PERTAMA
( Malam Jum at Pahing / Sukra pahing )
Mulai Jam 20.00 – 24.00

A. Meditasi Pembuka Kwan Im
B. Latihan Nataraga
1. Sujud Mentari
2. Bangau Sembah
3. Kursi Kayangan
4. Panah Arjuna
5. Sawung Lenggah
6. Duduk Teratai
7. Sangga Buana
8. Kala Sungsang
9. Duyung Santai Goyang Ekor
10. Weluku Sunsang
11. Sunggi Bumi
12. Jembatan
13. Kayang
14. Terkapar

C. Laku Tarian Suci Esoteric Tandava
1. Tarian Esoterik Metodik
2. Tarian Esoterik Metodik Sambung Rasa
3. Tarian Esotorik Kondisional

D Bersyukur
E Meditasi Assyifa Sebagai Penutup


II. KAMIS MALAM KEDUA
( Malam Jum’at Wage / Sukra Wage )
Mulai Jam 20.00 – 24.00

A. Meditasi Pembuka Kwan Im

B. Latihan Nataraga bersamaan dengan Nataambekan
1. Sujud Mentari, dengan Pernafasan Zigzag.
2. Duduk Buddha, dengan Pernafasan Udara.
3. Duduk Teratai, dengan Pernafasan Matahari.
4. Duduk Tahiyat Awal, dengan Pernafasan Bumi.
5. Duduk Tahiyat Akhir, dengan Pernafasan Pohon.
6. Duduk Bocah, dengan Pernafasan Gunung Berapi.
7. Sunggi Bumi, dengan Pernafasan Hujan.
8. Kalasungsang, dengan Pernafasan Api.

C. Demo Pencerahan dan Pengosongan Diri
D. Bersyukur
E. Meditasi Assyifa sebagai Penutup

III. KAMIS MALAM KETIGA
( Malam Jum’at Legi / Sukra Umanis )
Mulai Jam 21.30 – sampai selesai
Dengan Acara Khusus
A. “Pesta Pencerahan Diri”
dengan berpakaian Kain Kafan Jati Diri

B. “Pesta Penghancuran Ego”
dengan berpakaian Kain Kafan Pencerahan

C. “Pesta Kepasraham Diri”
dengan berkain Kafan Pencerahan

IV. MALAM JUM’AT KEEMPAT
( Malam Jum’at Pon / Sukra Pon )
Mulai Jam 20.00 – 24.00

A. Meditasi Pembuka Kwan Im
B. Latihan Dasar Nataraga
1. Pernafasan Huwalla
2. Senyum Assyifa
3. Putar Leher
4. Cium Lutut
5. Duduk Kaki Teratai
6. Duduk Angkat Kaki
7. Duduk di atas Kaki
8. Duduk di atas Tumit
9. Minum Kopi
10. Berpasangan menggergaji
11. Bertolakan punggung
12. Duduk Ayam
13. Gaya Merak
14. Sangga Buwana
15. Kala Sungsang
16. Duduk di langit
17. Panah Arjuna
18. Sujud Mentari
19. Kayang
20. Meremas Langit
21. Ancel Langit
22. Duyung Santai Goyang Ekor
23. Weluku Sungsang
24. Sunggi Bumi
25. Jembatan Ayu
26. Gendewa
27. Terkapar

C. Laku Tarian Esoterik Tandawa
1. Tarian Esoterik Methodik
2. Tarian Esoterik Met. Sambungrasa
3. Tarian Esoterik Kondisional

D. Bersyukur
E. Meditasi Penutup Assyifa

V. MALAM JUM’AT KELIMA
( Malam Jum’at Kliwon / Sukra Kliwon )
Mulai Jam 20.00 – 24.00

A. Setiap Malam Jum’at Kelima ada acara khusus dari rumah ke rumah Pelakon Tandavan yaitu sebagai AJANG BAGI RASA
A. Curahan Hati (Curhat)
B. Studi Kasus Pencerahan
C. Sumbang dan Sambung Rasa
D. Wejangan Suci

B. Jadwal Acara
A. Meditsai Pembuka Kwan Im
B. Senyum Assyifa
C. Ajang Bagi Rasa
D. Bersyukur
E. Transfer Energi Assyifa
===================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar